Sabtu, 14 Maret 2015

RPP K13 kelas 1 tema 2, subtema 1 pembelajaran 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : SD Negeri 3 Kebon Ayu, Gerung
Kelas/Semester            : 1/1
Tema                           : 2. Kegemaranku
Subtema                      : 1. Gemar Berolahraga
Pembelajaranke-          : 4
AlokasiWaktu             : 1 hari

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3. Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi degan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3.  Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator:
·         Mengidentifikasi teks deskriptif tentang anggota tubuh
·         Mempraktikkan teks deskriptif tentang anggota tubuh
·         Mengidentifikasi teks terima kasih
·         Mempraktikkan kegiatan terima kasih sesuai teks

PJOK
Kompetensi Dasar:
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
Indikator:
·         Mengidentifikasi gerak lari sebagai gerak lokomotor
·         Melakukan gerak lokomotor (berlari)

PPKn
Kompetensi Dasar:
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator:
·         Menyebutkan sikap-sikap baik dalam permainan olahraga
·         Menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti kegiatan olahraga
SBdP
Kompetensi Dasar:
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.7 Menyajikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator:
·         Mengidentifikasi syair sebuah lagu
·         Menyanyikan lagu “Terima Kasih Guruku”

C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mengamati teks siswa dapat menyebutkan manfaat berolahraga terhadap anggota tubuh dengan santun.
2.      Dengan menyimak guru membaca teks, siswa dapat membaca nyaring teks dengan percaya diri.
3.      Dengan melakukan kegiatan praktik olahraga, siswa mampu menjelaskan apa yang dirasakan setelah praktik olahraga dengan percaya diri.
4.      Dengan menjelaskan apa yang dirasakan setelah praktik olahraga, siswa mampu menjelaskan perbedaan tubuh sebelum dan sesaat setelah berolahraga melalui gambar dengan tertib.
5.      Dengan bertanya jawab, siswa mampu menjelaskan sikap tertib dan patuh pada aturan dengan santun.
6.      Dengan menyimak teks, siswa dapat mengucapkan terima kasih dengan santun.
7.      Dengan mengamati syair lagu “Terima Kasih Guruku” siswa mampu mengidentifikasi pentingnya berterima kasih dengan santun.
8.      Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa mampu menyanyikan lagu “Terima Kasih Guruku” dengan percaya diri.
9.      Dengan mendengarkan petunjuk guru siswa dapat menyebutkan cara berlari dengan santun.
10.  Dengan menyebutkan cara berlari, siswa dapat praktik berlari dengan tertib.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Mengenal Bagian Tubuh
2.      Menceritakan Pengalaman Berolahraga
3.      Belajar Berterima Kasih
E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan: Saintifik.
Metode      : Ceramah, diskusi, bermain peran, penugasan.

F.      Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Buku siswa.
2.      Sepatu dan baju olahraga.
3.      Buku guru

G.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Mengawali kegiatan pembelajaran dengan salam, mengucapkan selamat datang, dan menyapa peserta didik dengan menanyakan kabar mereka serta menanyakan bagaimana perasaan mereka di kelas.
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran peserta didik.
3.      Menyampaikan secaragari sbesartema, subtema, tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami oleh peserta didik.
4.      Guru Memberi motivasi kepada peserta didikagar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
15 menit
Inti
1.      Siswa bertanya jawab dengan bantuan guru tentang kesukaan berolahraga, manfaat berolahraga dan yang dirasakan siswa setelah berolahraga.
2.      Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pengalamannya.
3.      Siswa mendiskusikan jawaban-jawaban yang diungkapkan dengan bimbingan guru.
4.      Guru membacakan teks di buku siswa.
5.      Setelah itu, siswa membaca nyaring teks.
6.      Siswa menyebutkan manfaat berolahraga terhadap anggota tubuh berdasarkan teks yang dibaca
7.      Siswa menyimak penjelasan guru bagaimana olahraga membuat tubuh kita sehat. Dengan berolahraga, jantung dan paru-paru kita bertambah kuat
8.      Untuk mengaitkan penjelasan ini dengan hal yang konkret, siswa diminta untuk melakukan percobaan sederhana dengan berlari.
9.      Guru menjelaskan aturan berlari mengelilingi lapangan. Berlari dengan tertib dan tidak perlu tergesa-gesa. Siswa diminta mengenakan sepatu dan baju olahraga
10.  Siswa diminta untuk mengamati nafasnya masing-masing dengan cara memegang dada sebelah kiri
11.  Lalu, siswa diminta untuk memegang dada di sebelah kiri tempat jantung berada.
12.  Siswa diminta menceritakan yang mereka rasakan
13.  Guru membawa siswa ke luar kelas.
14.  Siswa berlari keliling lapangan sebanyak dua putaran (bisa lebih bergantung dari luasnya lapangan sekolah).
15.  Setelah selesai, siswa diminta untuk memegang dadanya kembali dan mengamati perbedaannya dengan sebelum melakukan kegiatan berlari.
16.  Siswa juga mengamati embusan napasnya sendiri.
17.  Siswa diminta untuk menceritakan perbandingan hasil pengamatan sebelum dan setelah melakukan kegiatan berlari secara bergantian.
18.  Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan bimbingan guru.
19.  Siswa menyimpulkan kaitan antara berolahraga dengan melatih jantung dan paru-paru kita supaya kuat. Jantung memiliki fungsi yang penting, yaitu memompa darah.
20.  Siswa mengidentifikasi ciri-ciri usai berolahraga melalui gambar.
21.  Usai memperagakan latihan, siswa menyimak guru yang membacakan teks pendek yang ada di buku siswa.
22.  Siswa bertanya jawab sikap-sikap apa yang diperlukan saat bermain bulu tangkis bersama (antara lain sportif, menghargai lawan, santun, mengikuti aturan).
23.  Siswa mendiskusikan jawaban-jawabannya dengan didampingi guru.
24.  Siswa mendengarkan penjelasan lanjutan tentang pentingnya menaati peraturan, menjaga sopan santun, dan menghormati orang lain dalam kehidupan seharihari.
25.  Siswa menyimak bahwa salah satu bentuk menghargai orang lain dan bersikap sopan adalah dengan cara berterima kasih. Terima kasih bisa diungkapkan kepada manusia dan Tuhan. Terima kasih kepada Tuhan untuk mengungkapkan rasa syukur atas anugerah yang diberikannya kepada kita. Terima kasih kepada manusia disampaikan karena mereka sudah memberi kebaikan untuk kita.
26.  Guru menjelaskan saat yang tepat untuk mengucapkan terima kasih di antaranya: Saat orang lain telah membantu, Saat orang lain mengucapkan selamat atas prestasi yang telah kita capai, Saat orang lain memuji kita (intinya saat orang lain berbuat baik pada kita).
27.  Guru memberikan contoh situasi kepada siswa, misalnya salah satu siswa membantu saat siswa lain jatuh dari sepeda.
28.  Siswa mendengarkan penjelasan cara mempraktikkan berterima kasih.
29.  Siswa berpasangan untuk bermain peran.
30.  Siswa pertama membantu sesuatu/memberikan pujian/kebaikan lainnya. Siswa kedua mengucapkan terima kasih.
31.  Kegiatan selanjutnya bertukar peran, siswa kedua melakukan sesuatu untuk siswa pertama, siswa pertama mengucapkan terima kasih.
32.  Kegiatan dilakukan beberapa kali dengan pasangan yang berbeda-beda.
33.  Siswa diajak menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku mengikuti guru.
34.  Selanjutnya siswa diberi lembar evaluasi
35.  Guru bersama siswa membahas jawaban lembar evaluasi siswa serta melususkan jawaban siswa yang tidak tepat.
90 menit
Penutup
1.      Guru meminta peserta didik merapikan pekerjaannya, dan menanyakan apakah peserta didik puas dengan pekerjaannya.
2.      Dengan arahan guru peserta didik melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan.
3.      Guru mengulas kembali kegiatan yang sudah dilakukan dengan bertanya jawab dan meminta peserta didik melakukan refleksi dari kegiatan pembelajaran hari ini
4.      Mengajak semua pesertadidik berdo’amenurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
5.      Mengamati sikap pesertadidik dalam berdo’a (sikapduduknya, caramembacanya, caramelafalkannyadsb)
6.      Apabila ada pesertadidik yang kurang benar dan kurang sempurna dalamberdo’a, maka setelah selesai kegiatanberdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit




H.    Penilaian
  1. Jenis/Teknik Penilaian
      Penilaian Sikap                  : Percaya diri, tertib, santun.
      Penilaian Pengetahuan      : Testulis.
      Penilaian Keterampilan     :
-       Kegiatan Berlari dan Menceritakan Hasil Pengamatan
  1. Bentuk Instrumen dan Pedoman Penskoran
a.       Penilaian Sikap

No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Tertib
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.













2.













3.













Ds.
. . .

























b.      Penialaian Pengetahuan
Soal (terlampir dalam bentuk lembar evaluasi siswa)
Kunci jawaban:
1.      Sehat (skor 15)
2.      (skor 20)
Kuat
Kuat
3.      A dan C (skor 20)
4.      Tertib (skor 15)
5.      (Skor 30)
Terima kasihku kuucapkan
Pada guruku yang tulus
Ilmu yang berguna s’lalu dilimpahkan
Untuk bekalku nanti
Setiap hari ku dibimbingnya
Agar tumbuhlah bakatku
Kan kuingat s’lalu nasihat guruku
Terima kasih guruku

Penskoran:
Skor yang diperoleh =  x 100
                        Ket:
                        Skor maksimal 100

Konversi Nilai
(Skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
K (Kurang)


c.       Penilaian Keterampilan
Lembar Pengamatan Kegiatan Berlari dan Menceritakan Hasil Pengamatan
No
kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
1
Partisipasi siswa mengikuti instruksi guru untuk berlatih


2
Kemampuan siswa menceritakan hasil pengamatan


3
Mengikuti kegiatan berlari dengan antusias















Mengetahui
Kepala Sekolah,                                           Guru Kelas 1



…………………………                             ………………………….
NIP. ……………………                            NIP. ……………………





LAMPIRAN
LEMBAAR EVALUASI SISWA
Nama siswa: …………..
No absen: ……………
Ayo belatih !!!!!!!
1.      Olah raga membuat tubuh kita….
2.      Lengkapilah
Olahraga membuat jantung ……
Olahraga membuat paru-paru ……
3.      Berilah tanda (√) pada gambar yang menunjukkan perbuatan baik.

B.………..
 
A.………..
 
                   

C………..
 
D………..
 
                         


4.      Harus  bersikap……. dalam olahraga.





5.      Lengkapilah teks lagu “Terima Kasihku”
Terima kasih.…. kuucapkan
Pada ……….ku yang tulus
…… yang berguna s’lalu dilimpahkan
Untuk bekalku ………
Setiap ……. ku dibimbingnya
…… tumbuhlah bakatku
Kan kuingat s’lalu nasihat …….ku
Terima kasih ……ku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar