RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SD
Mata Pelajaran :
Pend. IPS
Kelas/Semester :
3/I
A.
Standar Kompetensi:
Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerja sama disekitar rumah dan sekolah.
B.
Tema : Lingkungan
Alam dan Buatan
KD : Menceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
C.
Indikator:
a. Kognitif:
Hasil
·
Mengidentifikasi pengertian / arti dari
lingkungan alam dan buatan
·
Menyebutkan contoh lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah
·
Menuliskan cara-cara untuk menjaga / memelihara
lingkungan di sekitar rumah dan sekolah
·
Menjelaskan sikap / tindakan yang merusak
lingkungan alam dan buatan
Produk
· Membuat
sebuah karya tulis seperti karangan atau cerita pendek tentang keadaan lingkungan masing-masing
b. Afektif:
Karakter:
·
Berani membacakan sebuah karya tulis tentang
lingkungan alam dan buatan
·
Berani meceritakan pengalaman/ peristiwa yang
dialami di lingkungan keluarga dan sekolah di depan kelas
·
Membuktikan peristiwa yang dialami dengan
menunjukkan dokumen atau benda yang berhubungan dengan peristiwa tersebut
(mandiri).
c. Psikomotor:
·
Memelihara dan menjaga lingkungan di sekitar
rumah dan sekolah
·
Menjadikan prilaku tersebuat sebagai kebiasaan
dalam hidupnya.
D.
Tujuan Pembelajaran
a. Kognitif:
Proses:
·
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru tentang definisi dari lingkungan alam
dan buatan, siswa diharapkan
mampu Mengidentifikasi pengertian / arti dari
lingkungan alam dan buatan
·
Setelah
memahami pengertian dari tema lingkungan alam dan buatan maka siswa
diharapkan mampu Menyebutkan contoh lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah
·
Setelah
memahami pengertian dari tema lingkungan alam dan buatan maka siswa
diharapkan mampu Menuliskan cara-cara untuk menjaga / memelihara
lingkungan di sekitar rumah dan sekolah
·
Setelah
memahami pengertian dari tema lingkungan alam dan buatan maka siswa
diharapkan mampu Menjelaskan sikap / tindakan yang merusak lingkungan
alam dan buatan
Produk
· Setelah mampu menguasai tema dari
lingkungan alam dan buatan, siswa
diharapkan mampu Membuat sebuah karya tulis seperti karangan atau cerita
pendek tentang keadaan lingkungan masing-masing
b. Afektif:
Karakter:
·
Selama
proses pembelajaran melalui metode presentasi, siswa diharapkan mampu dan berani membacakan
sebuah karya tulis tentang lingkungan alam dan buatan.
·
Selama
proses pembelajaran melalui metode presentasi, siswa diharapkan berani meceritakan
pengalaman/ peristiwa yang dialami di lingkungan keluarga dan sekolah di depan
kelas.
·
Selama
proses pembelajaran melalui metode presentasi, siswa diharapkan mampu membuktikan
peristiwa yang dialami dengan menunjukkan dokumen atau benda yang berhubungan
dengan peristiwa tersebut(mandiri)
c. Psikomotor:
·
Melalui persentasi didepan kelas, siswa
diharapkan dapat Memelihara dan menjaga lingkungan di sekitar rumah dan sekolah
·
Melalui persentasi didepan kelas, siswa
diharapkan dapat Menjadikan prilaku tersebuat sebagai kebiasaan dalam hidupnya.
E.
Materi
Pembelajaran
Lngkungan adalah ruang yang kita tempati
beserta segala sesuatu yang ada di dalamnya. Ingkungan terdiri dari lingkungan
alam dan lingkungan buatan. Lingkungan alam disekitar rumah dan sekolah
misalnya gunung, hutan, dan sungai. Lingkungan buatan di sekitar rumah dan
sekolah misalnya bagunan, jalan, jembataan dan selokan.
Kita wajib memelihara lingkungan di sekitar
rumah dan sekolah.
F.
Alokasi Waktu
·
6 JP
(6 x 35 menit atau tiga kali
pertemuan)
G.
Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
·
Konstruktivistik & behaviorisme
2. Strategi Pembelajaran
·
Strategi pembelajaran berorientasi pada guru dan
siswa
3. Metode Pembelajaran
·
Presentasi
·
Diskusi
·
Tanya
jawab
H.
Skenario
Pembelajaran
Pert
|
Tahapan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber/ Media/Alat
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Awal
|
·
Guru membimbing siswa untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai, selanjutnya
dilakukan dengan mengecek kehadiran siswa (absen)
·
Selanjutnya guru memeriksa kesiapan belajar
siswa dengan mengecek peralatan
belajar yang dibawa oleh siswa
·
Memberikan acuan belajar dengan cara
menjelaskan kompetensi yang diharapkan (tujuan pembelajaran) dan sekali waktu
merangsang siswa untuk bertanya.
|
·
Bahan Ajar IPS kelas 3 Semester I
·
KTSP,
·
Buku
IPS SD kelas 3
·
LKS
IPS SD Kelas 3
|
15 Menit
|
Inti
|
EKSPLORASI
· Guru menyajikan materi pembelajaran
(Lingkungan Ala dan buatan)
·
Guru membagikan LKS kepada masing-masing
kelompok untuk di diskusikan (Lingkungan alam dan buatan)
·
Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan LKS yang
di berikan guru(Lingkungan alam
dan buatan)
ELABORASI
· Masing-masing ketua kelompok membacakan
hasil diskusinya di depan kelas (Lingkungan alam dan buatan)
· Kelompok lain menanggapi ( Toleransi )
KONFIRMASI
· Guru bersama siswa secara klasikal
membahas LKS yang telah di berikan (lingkungan alam dan buatan)
· Siswa tanya jawab mengenai materi yang
belum di pahami (Lingkungan alam dan buatan)
· Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi
secara individu .
|
|
40
|
|
Akhir
|
·
Guru bersama siswa membuat
rangkuman/kesimpulan terhadap materi yang telah di pelajari (Lingkungan alam
dan buatan)
·
Guru melakakukan penilaian/refleksi terhadap
kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan ( Mengargai Prestasi)
·
Guru memberikan pesan moral (Relegius)
|
|
15 Menit
|
2
|
Awal
|
·
Guru membimbing siswa untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai, selanjutnya
dilakukan dengan mengecek kehadiran siswa (absen)
·
Selanjutnya guru memeriksa kesiapan belajar
siswa dengan mengecek peralatan
belajar yang dibawa oleh siswa.
·
Memberikan acuan belajar dengan cara
menjelaskan kompetensi yang diharapkan (tujuan pembelajaran) dan sekali waktu
merangsang siswa untuk bertanya.
|
·
Bahan Ajar IPS kelas 3 Semester I
·
LKS IPS SD kelas 3
·
Buku
IPS SD kela 3
|
15
Menit
|
Inti
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
·
Memahami
peta konsep tentang lingkungan alam dan buatan
·
Memahami
tentang perbedaan Lingkungan alam dan buatan
·
Melibatkan
peseta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Guru menjelaskan tentang Lingkungan alam dan buatan (Mengidentifikasi
pengertian / arti dari lingkungan alam dan buatan).
·
Guru
meminta siswa untuk menyebutkan contoh lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah
·
Guru
menjelaskan sikap / tindakan yang merusak lingkungan alam dan buatan
· Membuat
sebuah karya tulis seperti karangan atau cerita pendek tentang keadaan lingkungan masing-masing
· Guru berusaha meningkatkan kepercayaan
diri siswa dengan cara memberikan kata-kata pujian untuk hasil pemikiran
siswa.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
|
40
menit
|
|
Akhir
|
· Guru
melaksanakan evaluasi dengan mengajukan pertanyaan kepada beberapa
siswa untuk mengetahui daya serap siswa
· Meminta komentar siswa tentang materi
yang dibahas dan memberikan umpan balik serta memberikan rangkuman
|
Daftar
Pertanyaan
|
15
Menit
|
|
3
|
Awal
|
·
Guru membimbing siswa untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai, selanjutnya
dilakukan dengan mengecek kehadiran siswa (absen)
·
Selanjutnya guru memeriksa kesiapan belajar
siswa dengan mengecek peralatan
belajar yang dibawa oleh siswa.
·
Memberikan acuan belajar dengan cara
menjelaskan kompetensi yang diharapkan (tujuan pembelajaran) dan sekali waktu
merangsang siswa untuk bertanya.
|
·
Bahan Ajar IPS kelas 3 Semester I
·
LKS IPS SD kelas 3
·
Buku
IPS SD kela 3
|
15
Menit
|
Inti
|
Eksplorasi
Dalam Kegiatan eksplorasi, guru:
· Mengulang materi sebelumnya
· Melibatkan Peserta didik secara aktif
dalam setiap pembelajaran; dan
· Mempasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan Elaborasi, guru:
· Melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru dan baik secara lisan maupun
tulisan;
· Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
· Memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik secara lisan maupun tulisan, secara
individual maupun kelompok;
· Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam Kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum di ketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
|
40
menit
|
|
Akhir
|
· Meminta komentar siswa tentang materi
yang dibahas dan memberikan umpan balik serta memberikan rangkuman
· Memberi motivasi untuk belajar
· Siswa dan guru berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing
|
|
15
Menit
|
I.
Evaluasi
1. Non
tes
-
Penilaian performance (membedakan Lingkungan alam dan
buatan)
-
Unjuk kerja
2. Tes
·
Tes tertulis dalam bentuk soal-soal (essay)
(Instrumen terlampir)
J.
Sumber/Media/ Alat
·
Sumber :
LKS Bahan Ajar IPS kelas 3 Semester I, KTSP, Buku IPS SD kelas3, LKS IPS SD Kelas 3
Mataram,.................... 2011
Mengetahui Guru
Kelas
Kepala SD
Tri Artha Miawan Saparwadi
NIP.199405072012051001 NIP.199411122013051002
Lampiran I. Instrumen
Evaluasi;
1.
Evaluasi Produk
(berupa hasil belajar siswa)
a.
Menyusun Kisi-Kisi
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi Pokok/KD : Menceritakan lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah dan sekolah.
Kelas/Semester : 3/I
Variabel
|
Indikator
|
Sub Indikator
|
Produk hasil belajar berupa
karangan/ cerita
|
Tema
|
·
Sesuai KD/Materi
·
Menarik
|
Sumber
|
·
Sesuai dengan tema
|
|
Analisis/komentar
|
·
Memadai dan
argumentatif
·
Pertautan antara tema dan sumber belajar
|
|
Solusi pemecahan
|
·
Solusi relevan
dengan tema
·
Aplikatif
|
|
Penyajian pajangan
|
·
Kreatif
·
Tertata dengan seni dan rapi
|
b.
Menyusun Instrumen
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi
Pokok/KD : Menceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
Kelas/Semester : 3/I
Petunjuk Pengisian: Guru
mengisi lembar penilaian sesuai dengan kondisi sebenarnya dan berdasarkan
rubrik yang ditetapkan
No
|
Item Penilaian
|
Hasil
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Apakah tema belajar sesuai dengan kompetensi dasar/materi
pelajaran?
|
|
|
2
|
Apakah tema belajar yang
ditentukan kelompok menarik untuk dikaji?
|
|
|
3
|
Apakah sumber belajar/Potongan
berita yang ditentukan sesuai dengan tema yang yang ditetapkan?
|
|
|
4
|
Apakah sumber belajar/Potongan
berita yang ditentukanjelas sumber/tanggal/tahunnnya?
|
|
|
5
|
Apakah komentar atau analisis yang
dikemukanan kelompok memadai dan argumentatif dengan materi yang dikaji?
|
|
|
6
|
Apakah komentar atau analisis yang dikemukanan kelompok menunjukkan
pertautan antara tema dengan sumber belajar/potongan berita?
|
|
|
7
|
Apakah ada tawaran solusi dan sesuai dengan tema yang diambil?
|
|
|
8
|
Apakah solusi yang ditawarkan
aplikatif dalam arti mudah diimplemntasikan?
|
|
|
9
|
Apakah penyajian (tema, sumber
belajar, komentar) tersusun secara kreatif dan sistematis?
|
|
|
10
|
Apakah penyajian (tema, sumber
belajar, komentar) tersusun atau ditata dengan rapi dan seni?
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Capaian (%)
|
|
|
Karena
option evaluasi produk dalam bentuk dikotomi (ya dan tidak), maka tidak
dilanjutkan dengan penyusunan rubrik, kecuali jika optionnya dalam bentuk rating
scale
2. Evaluasi Proses (Performance
siswa selama presentasi)
a. Kisi-Kisi Instrumen
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi
Pokok/KD : Menceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
Kelas/Semester : 3/I
Variabel
|
Indikator
|
Sub Indikator
|
Proses berupa aktivitas presentasi
|
Kerjasamaa Kooperatif
(keterampilan sosial)
|
·
Berada dalam tugas
·
Mengambil giliran
·
Bertanya
·
Mendengarkan
dengan aktif
·
Memberikan dan
menghargai kontribusi
|
Aktivitas dalam presentasi
|
·
Perhatian
diarahkan pada materi presentasi
·
Mengikuti
kegiatan diskusi/presentasi secara aktif
·
Pertanyaan
yang diajukan relevan dengan
·
Menjawab
pertanyaan sesuai dengan maksud dan tujuan pertanyaan
·
Memberikan pendapat/tanggapan yang
·
Menghargai
saran dan pendapat sesama teman peserta presentasi
|
b. Menyusun Instrumen
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi Pokok : Lingkungan alam dan buatan
Nama Siswa :.................................
Petunjuk Pengisian:
Amatilah aktivitas siswa selama proses pembelajaran
. Isilah lembar pengamatan dengan prosedur sebagai berikut:
1.
Pengamat dalam melakukan pengamatan duduk di tempat
yang mungkin dapat melihat semua aktivitas siswa.
2.
Setiap 150 detik, pengamat melakukan aktivitas
pengamatan aktivitas siswa yang dominan, dan 30 detik berikutnya pengamat
menulis hasil pengamatan.
No
|
Aspek Pengamatan
|
Capaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Apakah anggota kelompok berlatih
melakukan kerjasama secara kooperatif?
|
|
|
a. Berada
dalam tugas
|
|
|
|
b. Mengambil
giliran
|
|
|
|
c. Bertanya
jiak mengalami kesulitan
|
|
|
|
d. Mendengarkan
dengan aktif
|
|
|
|
e. Memberikan
dan menghargai kontribusi
|
|
|
|
2
|
Apakah anggota kelompok aktif
dalam kegiatan diskusi kelas/presentasi:
|
|
|
a.
Seluruh perhatian diarahkan pada materi presentasi
|
|
|
|
b.
Mengikuti kegiatan diskusi/presentasi secara aktif
|
|
|
|
c.
Pertanyaanj yang diajukan relevan dengan tema yang
didiskusikan/dipresentasikan
|
|
|
|
d.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan maksud dan tujuan
pertanyaan
|
|
|
|
e.
Memberikan pendapat/tanggapan yang argumentatif
|
|
|
|
f. Menghargai saran dan pendapat sesame
teman peserta presentasi
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
Capaian (%)
|
|
Lampiran
2. Lembar Kerja Siswa (LKS)
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Mata Pelajaran : IPS
Materi Pokok : Lingkungan
Alam dan Buatan
Kelas/Semester : 3 /I
Ø Jawablah titik-titik dibawah ini dengan benar!
1. Tanah,
pohon, air adalah contoh lingkungan
....
2. …..bagi
manusia beguna untuk minum, memasak, dan mencuci.
3. Udara
kotordisebabkan oleh…dan….
4. Jika
tanah tandus perlu diolah agar kembali….
5. ….
Digunakan untuk membersihkan halaman.
Ø
Uji
Wawasan
Udara yang terkena polusi akan menjadi kotor.
1.
Dapatkah udara kotor di bersihkan? Bagaimana caranya?
2.
Bagaimana cirri-ciri udara yang bersih?
Latar Belakang / Background RM CF? FC?
BalasHapustapi pake baju Barca