NAMA : SAPARWADI
NIM : E1E212215
KELAS : IV/E
ANALISIS
MATERI IPS KELAS TINGGI
klas
|
smt
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Sub
Materii pokok
|
Indikator
|
Tujuan
Pemb.
|
4
|
1
|
1.
Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi
|
1.1 Membaca
peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala
sederhana
|
Membaca peta lingkungan setempat dengan menggunakan skala sederhana
|
1.
Pengertian
peta
2.
Jenis
peta
3.
Komponen
peta
4.
Menggambar
peta
5.
Menghitung
jarak tempat dengan skala peta
6.
Memperbesar
dan memperkecil peta
|
·
Membaca lambang/simbol dalam
peta kabupaten/kota dan provinsi di lingkungan tempat tinggalnya dengan
menggunakan skala sederhana
·
Menunjukkan tempat-tempat penting di kabupaten/kota
daerah tempat tinggalnya pada peta seperti tempat bersejarah, pelabuhan
laut/udara, dan lain-lain
·
Menunjukkan daerah tempat tinggalnya
(kabupaten/kota)
·
Menunjukkan ibukota dan namanya di provinsi
tempat
tinggalnya
·
Menggambar peta kabupaten/kota dan atau provinsi
tempat
tinggalnya dengan rnenggunakan skala sederhana
|
·
Siswa
mampu membaca lambang/simbol dalam peta kabupaten/kota dan
provinsi di lingkungan tempat tinggalnya dengan menggunakan skala sederhana
dengan baik dan benar
·
Siswa
mampu menunjukkan tempat-tempat penting di kabupaten/kota daerah
tempat tinggalnya pada peta seperti tempat bersejarah, pelabuhan laut/udara,
dan lain-lain dengan tepat
·
Siswa mampu menunjukkan daerah tempat tinggalnya
(kabupaten/kota) dengan tepat
·
Siswa mampuu menunjukkan ibukota dan namanya di
provinsi tempat
tinggalnya dengan tepat
·
Siswa mampu menggambar peta kabupaten/kota dan atau provinsi
tempat
tinggalnya dengan rnenggunakan skala sederhana dengan baik dan
benar
|
1.2 Mendeskripsi-kan
kenampakan alam di lingkungan kabupaten/ko-ta dan propinsi serta hubungannya
dengan keragaman sosial budaya
|
·
Kenampakan alam dan keragaman sosial budaya
|
1.
Ciri
Kenampakan Alam dan Manfaatnya
2.
Hubungan
Kenampakan Alam dengan Kenampakan Sosial Budaya
3.
Peristiwa-peristiwa
Alam yang Mempengaruhi Kehidupan Sosial
|
·
Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan
alam
·
Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di
kabupaten/kota
provinsi tempat tinggalnya
·
Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya
·
Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
·
Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada di daerahnya
·
Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
|
·
Siswa
mampu mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan
alam dengan benar
·
Siswa
mampu menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota dengan
tepat
·
Siswa mampu menjelaskan keanekaragaman sosial di
daerahnya
·
Siswa mampu menjelaskan keanekaragaman budaya di
daerahnya dengan baik dan benar
·
Siswa mampu menunjukkan tempat suku bangsa yang ada
di daerahnya dengan tepat
·
Siswa mampu menunjukkan tempat budaya didaerahnya
dengaan benar
|
|||
1.3 Menunjuk-kan jenis dan persebaran sumber daya alam serta
pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
|
Sumber daya alam serta pemanfaatan- untuk kegiatan ekonomi
|
1.
Jenis-Jenis
Sumber Daya Alam
2.
Peta
Persebaran Sumber Daya Alam
3.
Pemanfaatan
Sumber Daya Alam untuk Kegiatan Ekonomi
4.
UsahaPelestarian
Sumber Daya Alam
|
·
Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam dan
kaitannya dengan kegiatan ekonomi
·
Menggunakan peta setempat untuk menunjukkan
persebaran sumber daya alam
·
Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di
lingkungan setempat
·
Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di
lingkungantempat tinggalnya
·
Menunjukkan persebaran kegiatan ekonomi di daerah
tempat tinggalnya
·
Membuat daftar tentang kegiatan ekonomi dan
pemanfaatannya di lingkungan tempat tinggalnya
|
·
Setelah
berdiskusi siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis
sumber daya alam dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi dengan benar
·
Siswa
mampu menggunakan peta setempat untuk menunjukkan persebaran sumber
daya alam dengan tepat
·
Siswa mampu menjelaskan manfaat sumber daya alam
yang ada di lingkungan setempat dengan benar
·
Siswa
mampu menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di lingkungantempat
tinggalnya dengan benar
·
Siswa mampu menunjukkan persebaran
kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya dengan tepat
·
Siswa
mampu membuat daftar tentang kegiatan ekonomi dan pemanfaatannya di
lingkungan tempat tinggalnya dengan baik dan benar
|
|||
1.4 Menghargai keragaman suku
bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota,
provinsi
|
Keragaman suku bangsa dan budaya
|
1.
Keragaman
Suku dan Budaya di Daerah Setempat
2.
Pentingnya
Persatuan dalam Keragaman
|
·
Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika
·
Menjelaskan pentingnya persatuan dalam
keragamanbudaya
·
Membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa
dan budaya setempat
·
Memberikan contoh cara menghargai keragaman yang ada
di masyarakat setempat
·
Menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa dan
budaya di masyarakat
·
Menunjukkan keragaman budaya yang ada di daerahnya me
lalui peta
|
·
Siswa
mampu menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika dengan benar
·
Siswa mampu menjelaskan pentingnya persatuan dalam
keragamanbudaya dengan benar
·
Siswa mampu membandingkan bentuk-bentuk keragaman
suku bangsa dan budaya setempat dengan tepat
·
Siswa mampu memberikan contoh cara menghargai
keragaman yang ada di masyarakat setempat dengan baik dan benar
·
Siswa mampu
menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya di
masyarakat deengan baik
·
Siswa mampu menunjukkan keragaman budaya yang ada di
daerahnya me lalui peta dengan tepat
|
|||
1.5 Menghargai
berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota,
provinsi) dan menjagakelestariannya
|
·
Peninggalan sejarah di lingkungan
setempat
|
1.
Sejarah Kelahiran Daerah
2.
Bentuk Peninggalan Sejarah
3.
Menjaga Kelestarian Peninggalan Sejarah
|
· Mencatat peninggalan-peninggalan sejarah di lingkungan setempat
· Mengumpulkan informasi tentang asal-usul nama suatu tempat dari
berbagai sumber
· Mengelompokkan jenis-jenis dan ciri-ciri peninggalan bersejarah di
lingkungan setempat
· Menceritakan peninggalan bersejarah yang ada di lingkungan setempat
· Mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah
· Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah
· Menjelaskan manfaat menjaga kelestarian peninggalan sejarah
· Membuat laporkan hasil kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di
Iingkungan setempat
|
· Siswa mampu mencatat peninggalan-peninggalan sejarah di lingkungan setempat dengan baik
· Siswa mampu mengumpulkan informasi tentang asal-usul nama suatu tempat
dari berbagai sumber dengan benar
· Siswa mampu mengelompokkan
jenis-jenis dan ciri-ciri peninggalan bersejarah di lingkungan
setempat dengan dengan tepat
· Siswa mampu menceritakan peninggalan bersejarah yang ada di lingkungan
setempat dengan lancar dan benar
· Siswa mampu mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah dengan baik
· Siswa mampu menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah
dengan benar
· Siswa mampu menjelaskan manfaat menjaga kelestarian peninggalan
sejarah dengan benar
· Siswa mampu membuat laporkan hasil kunjungan ke tempat-tempat
bersejarah di Iingkungan setempat denga benar
|
|||
1.6 Meneladani kepahlawanan dan
patriotisme tokoh-tokoh dilingkungannya
|
Meneladani patriotisme dan pahlawan
|
1.
Sikap Kepahlawanan
2.
Sikap Patriotisme
3.
Sikap Positif terhadap Pahlawan Bangsa
|
· Menjelaskan pentingya memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme
· Memberi contoh rela berkorban
· Menunjukkan sikap positif atas jasa para pahlawan dalam membela bangsa
dan negara
· Menghargai para pahlawan bangsa dengan mengingat jasa-jasa mereka
· Menjelaskan perlunya memiliki sikap berjiwa besar
· Memberi contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan sehari-hari
|
· Siswa mampu menjelaskan pentingya memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme dengan benar
· Siswa mampu memberi contoh rela berkorban dengan baik
· Siswa mampu Menunjukkan sikap positif atas jasa para pahlawan dalam
membela bangsa dan negara dengan benar
· Siswa mampu menghargai para pahlawan bangsa dengan mengingat jasa-jasa
mereka dengan benar
· Siswa mampu menjelaskan perlunya memiliki sikap berjiwa besar dengan
benar
· Siswa amapu memberi contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar
|
|||
2
|
2.
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan
kemajuan teknologi
|
2.1 Mengenal
aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di
daerahnya
|
Aktivitas ekonomi yang berkaitan
dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerah
|
1.
Kegiatan
Ekonomi
2.
Potensi
daerah
3.
Pemanfaatan
Potensi Daerah dalam Kegiatan Ekonomi
|
·
Menyebutkan sumber daya alam yang
berpotensi di daerah-nya
·
Mengelompokkan sumber daya alam di
daerahnya
·
Menjelaskan manfaat sumber daya alam
yang ada di daerah
·
Menjelaskan perlunya melestarikan
sumber daya alam
·
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
ekonomi di daerah tempat tinggalnya
·
Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi
yang ada di daerahnya
·
Menunjukkan tempat sumber daya alam
pertanian, kelautan,mineral dan energi dan sumber daya ruang
·
Membuat laporan sederhana tentang
hasil pengamatan tempat sumber daya alam tersebut
|
· Setelah melakukan pengamatan
siswa mampu menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya dengan
benar
·
Setelah melakukan pengamatan siswa mampu mengelompokkan sumber
daya alam di daerahnya dengan tepat
·
Siswa mampu menjelaskan perlunya
melestarikan sumber daya alam dengan benar
·
Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk
kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya dengan benar
·
Siswa mampu menunjukkan tempat
kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya dengna benar
·
Siswa mampu menunjukkan tempat
sumber daya alam pertanian, kelautan,mineral dan energi dan sumber
daya ruang dengan benar
·
Setelah berdiskusi siswa mampu membuat
laporan sederhana tentang hasil pengamatan tempat sumber daya alam tersebut
dengan baik dan benar
|
|
2.2 Mengenal pentingnya koperasi
dalam meningkat-kan kesejah-teraan masyarakat
|
·
Pentingya koperasi dalam meningkatkan
kesejahteraan masyarakat
|
|
·
Menyebutkan kegiatan apa saja yang ada
dalam kantor koperasi
·
Mengelompokkan jenis-jenis koperasi
yang ada di daerahnya
·
Menjelaskan manfaat koperasi pada
anggota
·
Menunjukkan berbagai jenis barang yang
diperjualbelikan dalam koperasi
·
Membedakan koperasi dengan badan usaha
milik negara
·
Membuat bagan struktur pengurus
koperasi
·
Menceritakan bentuk-bentuk kegiatan
koperasi yang ada di
dalam masyarakat
|
·
Setelah
mengamati gambr siswa mampu mennyebutkan kegiatan
apa saja yang ada dalam kantor koperasi dengan benar
·
Setelah
berdiskusi siswa mampu mengelompokkan jenis-jenis koperasi yang ada
di daerahnya dengan benar
·
Siswa mampu menjelaskan manfaat koperasi dengan benar
·
Setelah mendengarkan cerita dari guru siswa mampu
menunjukkan berbagai jenis barang yang diperjualbelikan
dalam koperasi dengan tepat
·
Setelah
mengamati gambar siswa mampu membedakan koperasi
dengan badan usaha milik negara dengan benar
·
Setelah mengamati gambar siswa mampu membuat bagan
struktur pengurus koperaasi dengan bagus dan benar
·
Siswa mampu menceritakan bentuk-bentuk kegiatan
koperasi yang ada di
dalam masyarakat dengan benar dan lancar
|
|||
2.3 Mengenal
perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman
menggunakannya
|
Perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi
|
|
·
Membandingkan/membedakan jenis
teknologi produksi pada
masa lalu dan masa sekarang
·
Menunjukkan peralatan teknologi
produksi masa lalu dan sekarang
·
Menyebutkan macam-macam alat produksi
masa lalu dan
masa kini
·
Menceritakan pengalaman menggunakan
alat produksi
lalu dan sekarang
·
Cara menggunakan secara sederhana
teknologi produksi
masa lalu dan masa kini
·
Membandingkan/membedakan jenis
teknologi komunikasi pada masa lalu dan masa sekarang
·
Menunjukkan peralatan teknologi
komunikasi masa lalu dan sekarang
·
Menyebutkan macam-macam alat
komunikasi masa lalu dan
masa kini
·
Menceritakan pengalaman menggunakan
alat komunikasi
lalu dan sekarang
·
Cara menggunakan secara sederhana
teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini
·
Membandingkan/membedakan jenis
teknologi transportasi pada masa lalu dan masa sekarang
·
Menunjukkan peralatan teknologi
transportasi masa lalu dan sekarang
·
Menyebutkan macam-macam alat
transportasi masa lalu dan
masa kini
·
Menceritakan pengalaman menggunakan
alat transportasi lalu
dan sekarang
·
Cara menggunakan secara sederhana
teknologi transportasi
masa lalu dan masa kini
|
·
Siswa
mampu membandingkan jenis teknologi produksi pada masa lalu dan masa sekarang
dengan benar
·
Siswa
mampu menunjukkan peralatan teknologi produksi masa lalu dan sekarang
dengan benar
·
Siswa mampu menyebutkan macam-macam
alat produksi masa lalu dan masa kini
·
Siswa
mampu menceritakan pengalaman menggunakan alat produksi masa lalu dan masa
kini denaan baik dan benar
·
Siswa
mampu menggunakan secara sederhana teknologi produksi masa
lalu dan masa kini dengan baik
·
Siswwa mampu membandingkan jenis teknologi komunikasi
pada masa lalu dan masa sekarang dengan tepat
·
Siswa mampu menunjukkan macam-macam
alat komunikasi masa lalu dan masa kini dengan benar
·
Siswa mampu menceritakan pengalaman
menggunakan alat komunikasi lalu dan sekarang dengan lancar dan benar
·
Siswa mampu menggunakan secara
sederhana teknonogi komunikasi masa lalu dan masa kini dengan benar
·
Siswa mampu membedakan jenis teknologi transportasi pada masa lalu dan masa sekarang
dengan benar
·
Siswa amapu menunjukkan peralatan teknologi transportasi masa
lalu dan sekarang dengan tepat
·
Siswa mampu menyebutkan macam-macam alat transportasi masa
lalu dan
masa kini dengan benar
·
Siswa
mampu pengalaman menggunakan alat transportasi
lalu dan sekarang dengan benar
·
Siswa mampu menggunakan secara sederhana
teknologi transportasi
masa lalu dan masa kini dengan baik dan benar
|
|||
2.4 Mengenal permasa-lahan sosial
di daerahnya
|
Masalah sosial
|
1.
Bentuk-bentuk
Masalah Sosial
2.
Upaya
Mengatasi Masalah Sosial
3.
Hambatan
dalam Mengatasi Masalah Sosial
|
·
Menyebutkan ciri-ciri kegiatan sosial
budaya daerah (kabupa-
ten/kota, provinsi)
·
Mengelompokkan kegiatan sosial dan
kegiatan budaya di daerahnya
·
Menjelaskan akibat terjadinya bencana
alam dan pengaruhnya terhadap kegiatan masyarakat
·
Menjelaskan manfaat kegiatan sosial di
daerahnya
·
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
sosial budaya dalam masyarakat
·
Menunjukkan tempat kegiatan sosial dan
budaya di daerahnya
·
Membedakan kegiatan sosial dan budaya
untuk anak-anak dan orang tua
·
Menceritakan kegiatan sosial dan
budaya yang pernah dilihatnya di depan kelas atau kelompoknya
|
·
Siswa
mampu menyebutkan ciri-ciri kegiatan sosial budaya daerah (kabupa-
ten/kota, provinsi) dengan
benar
·
Siswa mampu mengelompokkan kegiatan sosial dan kegiatan
budaya di daerahnya dengann benar
·
Siswa mampu menjelaskan akibat
terjadinya bencana alam dan pengaruhnya terhadap kegiatan masyarakat dengan
baik dan benar
·
Siswa mampu menjelaskan manfaat
kegiatan sosial di daerahnya dengan baik dan benar
·
Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk
kegiatan sosial budaya dalam masyarakat dengan benar
·
Siswa mampu mununjukkan tempat
kegiatan sosial dan budaya di daerahnya dengan benar
·
Siswa mampu membedakan kegiatann
sosial dan budaya untuk anak-anak dan orang tua dengan benar
·
Siswa mampu menceritakan kegiatan
sosial dan budaya yang pernah dilihatnya di depan kelas atau kelompoknya
dengan benar
|
|||
5
|
1
|
1.
Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa
Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta
kegiatan ekonomi di Indonesia
|
1.1. Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
|
Makna peninggalan peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa
Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia -
|
1.
Peninggalan Hindu di Indonesia
2.
Peninggalan Buddha di Indonesia
3.
Peninggalan Islam di Indonesia
4.
Upaya Pelestarian Peninggalan Sejarah
|
·
Menyusun daftar peninggalan sejarah
yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
·
Membuat daftar peninggalan sejarah
yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
·
Menceritakan peninggalan sejarah yang
bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
·
Melestarikan peninggalan sejarah yang bercorak
Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
·
Menunjukkan letak peninggalan sejarah
Hindu – Buddha me- lalui peta
·
Mengelompokkan peninggalan sejarah
sesuai kelompok agamanya
·
Membuat laporan hasil kunjungan ke
tempat bersejarah
|
·
Setelah
melakukan diskusi siswa mampu menyusun daftar peninggalan sejarah yang
bercorak Hindu, Budha, dan Islam yang ada di Indonesia dengan baik dan benar
·
Setelah
melakukan tanya jawab sisw mampu menceritakan peninggalan sejarah yang
bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia dengan lancara dan benar
·
Setelah
mendengar ceramah guru siswa mampu melestarikan peninggalan sejarah yang
bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia dengan baik
·
Setelah
berdiskusi siswa mampu menunjukkan letak peninggalan sejarah Hindu-Budha melalui
peta dengan tepat
·
Setelah
melakukan diskusi siswa mampu menelompokkan peningggalan sejarah sesuai
kelompok agamanya dengan tepat
·
Setelah
mengunjungi tempat bersejarah siswa mampu melaporkan hasil kunjunagn ketempat
bersejarah dnegan baik
|
1.2. Menceritakan tokoh-tokoh
sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
|
Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
|
1.
Masa Hindu
2.
Masa Budha
3.
Masa Islam
4.
Peran Tokoh Sejarah Pada Masa Hindu, Buddha, dan Islam di
Indonesia
|
·
menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di
Indonesia
·
Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam
di Indonesia
·
Mengelompokkan tokoh- tokoh sejarah
pada masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
·
Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada
masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
|
·
Siswwa
mampu menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di
Indonesia dengan benar
·
Siswa
mampu menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di
Indonesia dengan benar
·
Siswa mampu mengelompokkan tokoh- tokoh sejarah pada
masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia dengan benar
·
Siswa mamapu membabandingkan tokoh- tokoh sejarah pada
masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia dengan benar
|
|||
1.3 Mengenal keragaman kenampa-kan
alam dan buatan serta pembagi-an wilayah waktu di Indonesia dengan
menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
|
·
Keragaman kenampakan alam dan buatan
·
Pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan peta/atlas/globe dan media lainnya
|
1.
Kenampakan Alam
2.
Kenampakan Buatan
3.
Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia
|
·
Menggambar peta Indonesia dengan
memberi simbol
·
Menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam
dan buatan
·
Menunjukkan pada peta pembagian
wilayah waktu di Indonesia
|
·
Siswa
mampu menggambar peta Indonesia dengan memberi simbol dengan baik dan
benar
·
Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan
buatan dengan benar
·
Siswa mampu menunjukkan pada peta pembagian wilayah
waktu di Indonesia dengan tepat
|
|||
1.4 Menghargai keragaman suku
bangsa dan budaya di Indonesia
|
Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
|
1.
Kerabaman
Suku Bangsa
2.
Budaya
Indonesia
3.
Kesatuan
Dalam Keragaman
|
·
Menemutunjukkan pada peta persebaran
daerah asal suku bangsa di Indonesia
·
Mengembangkan sikap menghormati
keragaman suku bangsa dan budaya
·
Mengidentifikasi keragaman
budaya yang terdapat di
Indonesia
·
Menyebutkan macam-macam suku bangsa di
Indonesia
|
·
Siswa
mampu menunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di
Indonesia dengan tepat
·
Setelah
mendengarkan ceramah berpariasi guru siswa mampu mengembangkan sikap
menghormati keragaman suku bangsa dan budaya dengan baik
·
Siswa
mampu mengidentifikasi keragaman budaya yang terdapat di Indonesia dengan
benar
·
Siswa
mampu mennyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia dengan benar
|
|||
1.5 Mengenal
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
|
1.
Jenis-jenis
Usaha
2.
Kegiatan
Ekonomi di Indonesaia
|
·
Menyebutkan jenis-jenis usaha
perekonomian dalam masyarakat
Indonesia
·
Memberi contoh usaha yang dikelola
sendiri dan kelompok
·
Memberikan contoh cara menghargai
kegiatan orang dalam usaha
·
Memberi contoh kegiata produksi,
distrbusi, dan konsumsi di Indonesia
|
·
Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis usaha perekonomian
dalam masyarakat Indonesia dengan
benar
·
Siswa
mampu memberi contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok dengan
tepat
·
Siswa mampu memberi contoh kegiata produksi, distrbusi,
dan konsumsi di Indonesia dengan benar
|
|||
2
|
2
Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia
|
2.1 Mendeskripsikan
perjuangan para toKoh pejuang pada pada penjajah Belanda dan Jepang
|
·
Perjuangan melawan penjajah dan
pergerakan nasional Indonesia
·
Peranan sumpah pemuda 28 Okt 1928
dalam mempersatukan Indonesia
|
1.
Penjajahan
Belanda di Indonesia
2.
Penjajahan
Jepang di Indonesia
|
·
Menceritakan sebab jatuhnya
daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
·
Menjelaskan sistem kerja paksa dan
penarikan pajak yang memberatkan rakyat
·
Menceritakan perjuangan para tokoh
daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
·
Menceritakan pendudukan Jepang di
Indonesia
·
Menceritakan sebab dan akibat
pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
·
Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh
penting pergerakan nasional
·
Membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di provinsinya
·
Menceritakan peristiwa sumpah pemuda
·
Menceritakan peranan tokoh dalam
peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
·
Menceritakan peranan tokoh dalam
peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
|
·
Stelah
melakukan diskusi siswa mampu menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nnusantara
ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda dengan benar
·
Setelah
melakukan diskusi siswa mampu menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan
pajak yang memeberatkan rakyat dengan benar
·
Setelah
berdiskusi siswa mampu menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia dengan
benar
·
Setelah
berdiskusi siswa mampu menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa
oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia dengan benar
·
Siswa
mampu membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional
dengan benar
·
Setelah
melakukan diskusi siswa mampu membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada
di provinsinya dengan baik dan benar
·
|
|
2.2 Menghargai jasa dan peranan tokoh
perjuangan dalam mem-persiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara
|
1.
Masa
Perjuangan
2.
Peran
BPUPKIdan PPKI
3.
Perumusan
Naskah Proklamasi
4.
Menghargai
Jasa Tokoh Pejuang
|
·
Menjelaskan beberapa usaha dalam
rangka mempersiapkan kemerdekaan
·
Menjelaskan perlunya perumusan dasar
negara sebelum kemerdekaan
·
Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam
mempersiapkan kemerdekaan
·
Menunjukkan sikap menghargai jasa para
tokoh dalam
mempersiapkan kemerdekaan
|
·
Setelah
melakukan studi pustaka secara berkelompok siswa mampu menjelaaskan beberapa
usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan dengan tepat
·
Setelah
melakukan diskusi siswa mampu menjelaskan perlunya perumusan dasar negara
sebelum kemerdekaan dengan benar
·
Siswa
mampu mengidentifikasi beberapa tokh dalam mempersiapkan kemerdekaan dengan
bagus
·
Siswa
mamapu menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan
kemerdekaan
|
|||
2.3 Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam
mem-proklamasikan kemerdekaan Indonesia
|
Proklamasi kemerdekan Indonesia
|
1.
Makna
Proklamasi
2.
Tokoh-tokoh
yang Berperan dalam Proklamasi kemerdekaan
|
·
Menyebutkan tokoh dalam
memproklamasikan kemerdekaan
·
Menceritakan jasa dan peranan tokoh
dalam memprokmasikan kemerdekaan
|
·
Siswa
mampu menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan benar
·
Siswa
mampu menceritakan jasa dan peranan
tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan benar
|
|||
2.4 Menghargai
perjuangan para tokoh dalam mem-pertahankan kemerdeka-an
|
Perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
|
1.
Perjuangan
Mempertahankan Kemerdekaan
2.
Konferensi
Meja Bundar (KMB)
3.
Menghargai
Perjuangan Para Tokoh Kemerdekaan
|
·
Menjelaskan cara mengenang perjuangan
para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
·
Menunjukkan sikap menghargai
perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
|
·
Siswwa
mampu menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan
kemerdekaan dengan benar
·
Setelah
melakukan kerjasama siswa mampu mwnunjukkan sikap menghargai perjuangan para
tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan dengan baik
|
|||
6
|
1
|
1.
Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua1. Memahami perkembangan
wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia
Tenggara serta benua-benua
|
1.1 Mendeskripsikan perkembangan sistem
Administrasi wilayah Indonesia
|
Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
|
1.
Perkembangan
Jumlah Provinsi
2.
Jumlah
Provinsi di Era Reformasi
3.
Perkembangan
4.
Wilayah
Laut Teritorial Indonesia
5.
Usaha-Usaha
Pelestarian Laut Indonesia
6.
Pengertian
Otonomi Daerah
7.
Asas
Otonomi Daerah
8.
Pertimbangan
dalam Pembentukan Wilayah
9.
Keuntungan
Pelaksanaan Otonomi Daerah
|
·
Menjelaskan perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
·
Menunjukan perkembangan sistem
administrasi wlayah Indonesia dalam Peta/globe
·
Membandingkan perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga
|
·
Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa mampu menjelaskan perkembangan
sistem administrasi wilayah Indonesia dengan baik dan benar
·
Setelah
mengamati peta/globe siswa mampu menunjukkan perkembangan sistem administrasi
wilayanh Indonesia dengan tepat
·
Siswa
mampu membandingkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
dengan negara-negara tetangga dengan tepat
|
1.2 Mmembandingkan
ke nampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
|
Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
|
1. Asia
Tenggara
2. Negara-Negara
Tetangga
3. Gejala
Sosial di Indonesia dan Negara Tetangga
4. Macam-Macam Gejala Sosial
5. Mewaspadai Gejala Sosial
|
·
Menunjukan tentang kenampakan alam dan
keadaan sosial negara-negara tetangga
·
Membandingkan kenampakan alam dan
keadaan sosial negara-negara tetangga
|
·
Setelah
melakukan tanya jawab siswa mampu menunjukkan tentang
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga dengan benar
·
Setelah melakukan tanya jawab siswa mampu membandingkan
tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga dengan
benar
|
|||
1.3 Mengodentifikasi
kan benua-beua
|
Benua-benua
|
1.
Benua di Permukaan Bumi (Asia, Eropa, Amerika,
Afrika, Australia, Antartika)
2.
Perkembangan
Negara-Negara di Benua Eropa
3.
Perkembangan
Negara-Negara di Benua Amerika
4.
Perkembangan
Negara-Negara di Benua Afrika
5.
Benua
Australia
|
·
Menunjukkan benua-benua
·
Membedakan benua- benua
|
·
Setelah
mengamati atlas/globe siswa mampu menunjukkan benua-bnuadengan benar
·
Setelah
berdiskusi siswa mampu membedakan benua-benua
|
|||
2
|
2 Memahami gejala
alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
|
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang
terjadi di Indonesia dan negara tetangga
|
Gejala (Peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
|
1.
Gejala Alam di Indonesia (Gempa Bumi, Gunung Meletus,
Tsunami, banjir, tanah longsor, angin)
|
·
Menunjukkan pada peta letak dan nama
negara-negara tetangga Indonesia
·
Membandingkan ciri-ciri gejala alam
Indonesia dengan negara-negara lain
|
·
Siswa
mampu menunjukkan pada pwta lwtak dan nama negara-negara
tetangga Indonesia dengan benar
·
Siswa mampu membandingkan ciri-ciri gejala alam
Indonesia dengan negara-negara lain dengan benar
|
|
2.2 Mengenal cara-cara menghadapi bencana
alam
|
Cara-cara menghadapi bencana alam
|
1.
Cara Menghadapi Bencana Alam (Gempa Bumi, Gunung Meletus,
Tsunami, banjir, tanah longsor, angin)
2.
Upaya
Pemerintah dan Masyarakat Menolong Korban BencanaAlam
|
·
Menjelaskan carca-cara menghadapi
bencana alam
·
Menjelaskan jenis-jenis bencana alam
|
·
Setelah
berdiskusi siswa mampu menjelaskan` carca-cara menghadapi
bencana alam dengan benar
·
Setelah melakukan tanya jawab siswa mampu menjelaskan
jenis-jenis bencana alam dengan baik dan benar
|
|||
Memahami peranan bangsa Indonesia di era global
|
2.3 Menjelaskan peranan Indonesia pada era
globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa
Indonesia
|
Peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatif
nya terhadap kehidupan bagsa Indonesia
|
1. Pengertian Globalisasi
2. Faktor Pendorong Terciptanya
Globalisasi
3. Bukti-Bukti Globalisasi di
Sekitar Kita
4. Pengaruh Globalisasi
5. Menghindari Dampak Negatif
Globalisasi
6. Peran Indonesia di Masa
Globalisasi
|
·
Menjelaskan Peranan Indonesia pada era
globalisasi
·
Menjelaskan contoh perubaan perilaku
masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan,
paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi)
|
·
Setelah
berdiskusi siswa mampu menjelaskan Peranan Indonesia pada era
globalisasi dengan baik dan benar
·
Setelah berdiskusi siswa mampu menjelaskan ontoh
perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya,
hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi)
dengan baik dan benar.
|
||
2.4 Mengenal manfaat ekspor dan impor di
Indonesiasebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
|
Kegiatan Ekspor Impor
|
1.
Perdagangan Antarbangsa
2.
Pengertian
Perdagangan Antarbangsa
3.
Ekspor
Impor
4.
Manfaat
Perdagangan Antarbangsa
|
·
Menemuunjukkan barang yang diekspor
dan diimpor oleh Indonesia
·
Menjelaskan betuk-bentuk kegiatan
pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri
·
Menunjukkan manfaat adanya pertukaran
barang antara Indonesia dan Luar negeri
|
·
Setelah berdiskusi siswa mampu menunjukkan barang yang diekspor
dan diimpor oleh Indonesia dengan benar
·
Setelah berdiskusi siswa mampu
menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia
dan luar negeri dengan benar
·
Setelah berdiskusi siswa mampu
menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan Luar negeri
dengan benar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar