Selasa, 17 Maret 2015

ANALISIS MATERI IPS KELAS TINGGI



NAMA           : SAPARWADI
NIM               : E1E212215
KELAS          : IV/E
ANALISIS MATERI IPS KELAS TINGGI

klas
smt
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Sub Materii pokok
Indikator
Tujuan Pemb.
4
1
1.      Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi

1.1  Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana
Membaca peta lingkungan setempat dengan menggunakan skala sederhana
1.      Pengertian peta
2.      Jenis peta
3.      Komponen peta
4.      Menggambar peta
5.      Menghitung jarak tempat dengan skala peta
6.      Memperbesar dan memperkecil peta
·         Membaca lambang/simbol dalam peta kabupaten/kota dan provinsi di lingkungan tempat tinggalnya dengan menggunakan skala sederhana
·         Menunjukkan tempat-tempat penting di kabupaten/kota daerah tempat tinggalnya pada peta seperti tempat bersejarah, pelabuhan laut/udara, dan lain-lain
·         Menunjukkan daerah tempat tinggalnya (kabupaten/kota)
·         Menunjukkan ibukota dan namanya di provinsi tempat                                                  tinggalnya
·         Menggambar peta kabupaten/kota dan atau provinsi tempat                                               tinggalnya dengan rnenggunakan skala sederhana 
·         Siswa mampu membaca lambang/simbol dalam peta kabupaten/kota dan provinsi di lingkungan tempat tinggalnya dengan menggunakan skala sederhana dengan baik dan benar
·         Siswa mampu menunjukkan tempat-tempat penting di kabupaten/kota daerah tempat tinggalnya pada peta seperti tempat bersejarah, pelabuhan laut/udara, dan lain-lain dengan tepat
·         Siswa mampu menunjukkan daerah tempat tinggalnya (kabupaten/kota) dengan tepat
·         Siswa mampuu menunjukkan ibukota dan namanya di provinsi tempat                                                  tinggalnya dengan tepat
·         Siswa mampu menggambar peta kabupaten/kota dan atau provinsi tempat                                               tinggalnya dengan rnenggunakan skala sederhana dengan baik dan benar
1.2  Mendeskripsi-kan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/ko-ta dan propinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya
·       Kenampakan alam dan keragaman  sosial budaya

1.      Ciri Kenampakan Alam dan Manfaatnya
2.      Hubungan Kenampakan Alam dengan Kenampakan Sosial Budaya
3.      Peristiwa-peristiwa Alam yang Mempengaruhi Kehidupan Sosial
·         Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam
·         Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota                         provinsi tempat tinggalnya
·         Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya
·         Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
·         Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada di daerahnya
·         Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
·         Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam dengan benar
·         Siswa mampu menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota dengan tepat
·         Siswa mampu menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya
·         Siswa mampu menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya dengan baik dan benar
·         Siswa mampu menunjukkan tempat suku bangsa yang ada di daerahnya dengan tepat
·         Siswa mampu menunjukkan tempat budaya didaerahnya dengaan benar
1.3  Menunjuk-kan  jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
Sumber daya alam serta pemanfaatan- untuk kegiatan ekonomi
1.      Jenis-Jenis Sumber Daya Alam
2.      Peta Persebaran Sumber Daya Alam
3.      Pemanfaatan Sumber Daya Alam untuk Kegiatan Ekonomi
4.      UsahaPelestarian Sumber Daya Alam
·         Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi
·         Menggunakan peta setempat untuk menunjukkan persebaran sumber daya alam
·         Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat
·         Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di lingkungantempat tinggalnya
·         Menunjukkan persebaran kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
·         Membuat daftar tentang kegiatan ekonomi dan pemanfaatannya di lingkungan tempat tinggalnya
·         Setelah berdiskusi siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi dengan benar
·         Siswa mampu menggunakan peta setempat untuk menunjukkan persebaran sumber daya alam dengan tepat
·         Siswa mampu menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat dengan benar
·         Siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di lingkungantempat tinggalnya dengan benar
·         Siswa mampu menunjukkan persebaran kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya dengan tepat
·         Siswa mampu membuat daftar tentang kegiatan ekonomi dan pemanfaatannya di lingkungan tempat tinggalnya dengan baik dan benar
1.4  Menghargai keragaman suku bangsa dan  budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi
Keragaman suku bangsa dan budaya
1.      Keragaman Suku dan Budaya di Daerah Setempat
2.      Pentingnya Persatuan dalam Keragaman
·      Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika
·      Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragamanbudaya
·      Membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat
·      Memberikan contoh cara menghargai keragaman yang ada di masyarakat setempat
·      Menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat
·      Menunjukkan keragaman budaya yang ada di daerahnya me lalui peta
·      Siswa mampu menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika dengan benar
·      Siswa mampu menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragamanbudaya dengan benar
·      Siswa mampu membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat dengan tepat
·      Siswa mampu memberikan contoh cara menghargai keragaman yang ada di masyarakat setempat dengan baik dan benar
·      Siswa mampu  menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat deengan baik
·      Siswa mampu menunjukkan keragaman budaya yang ada di daerahnya me lalui peta dengan tepat
1.5  Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjagakelestariannya
·       Peninggalan sejarah di lingkungan setempat 
1.      Sejarah Kelahiran Daerah
2.      Bentuk Peninggalan Sejarah
3.      Menjaga Kelestarian Peninggalan Sejarah
·      Mencatat peninggalan-peninggalan sejarah di lingkungan setempat
·      Mengumpulkan informasi tentang asal-usul nama suatu tempat dari berbagai sumber
·      Mengelompokkan jenis-jenis dan ciri-ciri peninggalan bersejarah di lingkungan setempat
·      Menceritakan peninggalan bersejarah yang ada di lingkungan setempat
·      Mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah
·      Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah
·      Menjelaskan manfaat menjaga kelestarian peninggalan sejarah
·      Membuat laporkan hasil kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Iingkungan setempat
·      Siswa mampu mencatat peninggalan-peninggalan sejarah di lingkungan setempat dengan baik
·      Siswa mampu mengumpulkan informasi tentang asal-usul nama suatu tempat dari berbagai sumber dengan benar
·      Siswa mampu mengelompokkan  jenis-jenis dan ciri-ciri peninggalan bersejarah di lingkungan setempat dengan dengan tepat
·      Siswa mampu menceritakan peninggalan bersejarah yang ada di lingkungan setempat dengan lancar dan benar
·      Siswa mampu mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah dengan baik
·      Siswa mampu menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah dengan benar
·      Siswa mampu menjelaskan manfaat menjaga kelestarian peninggalan sejarah dengan benar
·      Siswa mampu membuat laporkan hasil kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Iingkungan setempat denga benar
1.6  Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh dilingkungannya
Meneladani patriotisme dan pahlawan
1.      Sikap Kepahlawanan
2.      Sikap Patriotisme
3.      Sikap Positif terhadap Pahlawan Bangsa
·     Menjelaskan pentingya memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme
·     Memberi contoh rela berkorban
·     Menunjukkan sikap positif atas jasa para pahlawan dalam membela bangsa dan negara
·     Menghargai para pahlawan bangsa dengan mengingat jasa-jasa mereka
·     Menjelaskan perlunya memiliki sikap berjiwa besar
·     Memberi contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan sehari-hari
·     Siswa mampu menjelaskan pentingya memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme dengan benar
·     Siswa mampu memberi contoh rela berkorban dengan baik
·     Siswa mampu Menunjukkan sikap positif atas jasa para pahlawan dalam membela bangsa dan negara dengan benar
·     Siswa mampu menghargai para pahlawan bangsa dengan mengingat jasa-jasa mereka dengan benar
·     Siswa mampu menjelaskan perlunya memiliki sikap berjiwa besar dengan benar
·     Siswa amapu memberi contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
2
2.      Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi

2.1  Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
Aktivitas ekonomi yang berkaitan  dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerah
1.      Kegiatan Ekonomi
2.      Potensi daerah
3.      Pemanfaatan Potensi Daerah  dalam Kegiatan Ekonomi
·       Menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya
·       Mengelompokkan sumber daya alam di daerahnya
·       Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di daerah
·       Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam
·       Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
·       Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya
·       Menunjukkan tempat sumber daya alam pertanian, kelautan,mineral dan energi dan sumber daya ruang
·       Membuat laporan sederhana tentang hasil pengamatan tempat sumber daya alam tersebut
·     Setelah melakukan pengamatan siswa mampu menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya dengan benar
·       Setelah melakukan pengamatan siswa mampu mengelompokkan sumber daya alam di daerahnya dengan tepat
·       Siswa mampu menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam dengan benar
·       Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya dengan benar
·       Siswa mampu menunjukkan tempat kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya dengna benar
·       Siswa mampu menunjukkan tempat sumber daya alam pertanian, kelautan,mineral dan energi dan sumber daya ruang dengan benar
·       Setelah berdiskusi siswa mampu membuat laporan sederhana tentang hasil pengamatan tempat sumber daya alam tersebut dengan baik dan benar
2.2  Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkat-kan kesejah-teraan masyarakat
·       Pentingya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

·       Menyebutkan kegiatan apa saja yang ada dalam kantor koperasi
·       Mengelompokkan jenis-jenis koperasi yang ada di daerahnya
·       Menjelaskan manfaat koperasi pada anggota
·       Menunjukkan berbagai jenis barang yang diperjual­belikan                                             dalam koperasi
·       Membedakan koperasi dengan badan usaha milik negara
·       Membuat bagan struktur pengurus koperasi
·       Menceritakan bentuk-bentuk kegiatan koperasi yang ada di                                             dalam masyarakat
·         Setelah mengamati gambr siswa mampu mennyebutkan kegiatan apa saja yang ada dalam kantor koperasi dengan benar
·         Setelah berdiskusi siswa mampu mengelompokkan jenis-jenis koperasi yang ada di daerahnya dengan benar
·         Siswa mampu menjelaskan manfaat koperasi dengan benar
·         Setelah mendengarkan cerita dari guru siswa mampu menunjukkan berbagai jenis barang yang diperjual­belikan                                             dalam koperasi dengan tepat
·         Setelah mengamati gambar siswa mampu membedakan koperasi dengan badan usaha milik negara dengan benar
·         Setelah mengamati gambar siswa mampu membuat bagan struktur pengurus koperaasi dengan bagus dan benar
·         Siswa mampu menceritakan bentuk-bentuk kegiatan koperasi yang ada di                                             dalam masyarakat dengan benar dan lancar
2.3  Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya

Perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi

·       Membandingkan/membedakan jenis teknologi produksi pada                                                  masa lalu dan masa sekarang
·       Menunjukkan peralatan teknologi produksi masa lalu dan sekarang
·       Menyebutkan macam-macam alat produksi masa lalu dan                                             masa kini
·       Menceritakan pengalaman menggunakan alat produksi                                             lalu dan sekarang
·       Cara menggunakan secara sederhana teknologi produksi                                             masa lalu dan masa kini
·       Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi             pada masa lalu dan masa sekarang
·       Menunjukkan peralatan teknologi komunikasi masa lalu dan  sekarang
·       Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan                                             masa kini
·       Menceritakan pengalaman menggunakan alat komunikasi                                             lalu dan sekarang
·       Cara menggunakan secara sederhana teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini
·       Membandingkan/membedakan jenis teknologi transportasi             pada masa lalu dan masa sekarang
·       Menunjukkan peralatan teknologi transportasi masa lalu dan sekarang
·       Menyebutkan macam-macam alat transportasi masa lalu dan                                             masa kini
·       Menceritakan pengalaman menggunakan alat transportasi                                             lalu dan sekarang
·       Cara menggunakan secara sederhana teknologi transportasi                                             masa lalu dan masa kini
·         Siswa mampu membandingkan jenis teknologi produksi pada masa lalu dan masa sekarang dengan benar
·         Siswa mampu menunjukkan peralatan teknologi produksi masa lalu dan sekarang dengan benar
·       Siswa mampu menyebutkan macam-macam alat produksi masa lalu dan masa kini
·         Siswa mampu menceritakan pengalaman menggunakan alat produksi masa lalu dan masa kini denaan baik dan benar
·         Siswa mampu menggunakan secara sederhana teknologi produksi masa lalu dan masa kini dengan baik
·         Siswwa mampu membandingkan jenis teknologi komunikasi pada masa lalu dan masa sekarang dengan tepat
·       Siswa mampu menunjukkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan masa kini dengan benar
·       Siswa mampu menceritakan pengalaman menggunakan alat komunikasi lalu dan sekarang dengan lancar dan benar
·       Siswa mampu menggunakan secara sederhana teknonogi komunikasi masa lalu dan masa kini dengan benar
·       Siswa mampu membedakan jenis teknologi transportasi                       pada masa lalu dan masa sekarang dengan benar
·       Siswa amapu menunjukkan peralatan teknologi transportasi masa lalu dan sekarang dengan tepat
·       Siswa mampu menyebutkan macam-macam alat transportasi masa lalu dan                                             masa kini dengan benar
·         Siswa mampu pengalaman menggunakan alat transportasi                                             lalu dan sekarang dengan benar
·         Siswa mampu menggunakan secara sederhana teknologi transportasi                                             masa lalu dan masa kini dengan baik dan benar
2.4  Mengenal permasa-lahan sosial di daerahnya
Masalah sosial
1.      Bentuk-bentuk Masalah Sosial
2.      Upaya Mengatasi Masalah Sosial
3.      Hambatan dalam Mengatasi Masalah Sosial
·       Menyebutkan ciri-ciri kegiatan sosial budaya daerah (kabupa-                                                  ten/kota, provinsi)
·       Mengelompokkan kegiatan sosial dan kegiatan budaya di daerahnya
·       Menjelaskan akibat terjadinya bencana alam dan pengaruhnya terhadap kegiatan masyarakat
·       Menjelaskan manfaat kegiatan sosial di daerahnya
·       Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya dalam masyarakat
·       Menunjukkan tempat kegiatan sosial dan budaya di daerahnya
·       Membedakan kegiatan sosial dan budaya untuk anak-anak dan orang tua
·       Menceritakan kegiatan sosial dan budaya yang pernah dilihatnya di depan kelas atau kelompoknya
·         Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri kegiatan sosial budaya daerah (kabupa-                                                  ten/kota, provinsi) dengan benar
·         Siswa mampu mengelompokkan kegiatan sosial dan kegiatan budaya di daerahnya dengann benar
·         Siswa mampu menjelaskan akibat terjadinya bencana alam dan pengaruhnya terhadap kegiatan masyarakat dengan baik dan benar
·         Siswa mampu menjelaskan manfaat kegiatan sosial di daerahnya dengan baik dan benar
·       Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya dalam masyarakat dengan benar
·       Siswa mampu mununjukkan tempat kegiatan sosial dan budaya di daerahnya dengan benar
·       Siswa mampu membedakan kegiatann sosial dan budaya untuk anak-anak dan orang tua dengan benar
·       Siswa mampu menceritakan kegiatan sosial dan budaya yang pernah dilihatnya di depan kelas atau kelompoknya dengan benar
5
1
1.      Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
1.1. Mengenal        makna peninggalan-peninggalan       sejarah       yang berskala       nasional  dari masa Hindu-     Budha, dan      Islam di Indonesia
Makna peninggalan peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia -
1.      Peninggalan Hindu di Indonesia
2.      Peninggalan Buddha di Indonesia
3.      Peninggalan Islam di Indonesia
4.      Upaya Pelestarian Peninggalan Sejarah
·         Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
·         Membuat daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
·         Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
·         Melestarikan  peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
·         Menunjukkan letak peninggalan sejarah Hindu – Buddha me- lalui peta
·         Mengelompokkan peninggalan sejarah sesuai kelompok agamanya
·         Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
·         Setelah melakukan diskusi siswa mampu menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu, Budha, dan Islam yang ada di Indonesia dengan baik dan benar
·         Setelah melakukan tanya jawab sisw mampu menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia dengan lancara dan benar
·         Setelah mendengar ceramah guru siswa mampu melestarikan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia dengan baik
·         Setelah berdiskusi siswa mampu menunjukkan letak peninggalan sejarah Hindu-Budha melalui peta dengan tepat
·         Setelah melakukan diskusi siswa mampu menelompokkan peningggalan sejarah sesuai kelompok agamanya dengan tepat
·         Setelah mengunjungi tempat bersejarah siswa mampu melaporkan hasil kunjunagn ketempat bersejarah dnegan baik
1.2. Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
1.      Masa Hindu
2.      Masa Budha
3.      Masa Islam
4.      Peran Tokoh Sejarah Pada Masa Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia
·         menceritakan tokoh-tokoh  sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
·         Menyebutkan tokoh-tokoh     sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
·         Mengelompokkan tokoh- tokoh sejarah pada masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
·         Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia 
·         Siswwa mampu menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia dengan benar
·         Siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia dengan benar
·         Siswa mampu mengelompokkan tokoh- tokoh sejarah pada masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia dengan benar
·         Siswa mamapu membabandingkan tokoh- tokoh sejarah pada masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia dengan benar
1.3  Mengenal keragaman kenampa-kan alam dan buatan serta pembagi-an wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
·       Keragaman kenampakan alam dan buatan
·       Pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan peta/atlas/globe dan media lainnya
1.      Kenampakan Alam
2.      Kenampakan Buatan
3.      Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia
·         Menggambar peta Indonesia dengan memberi simbol
·         Menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan
·         Menunjukkan pada peta pembagian wilayah waktu di Indonesia 
·         Siswa mampu menggambar peta Indonesia dengan memberi simbol dengan baik dan benar
·         Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan dengan benar
·         Siswa mampu menunjukkan pada peta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan tepat
1.4  Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
1.      Kerabaman Suku Bangsa
2.      Budaya Indonesia
3.      Kesatuan Dalam Keragaman
·         Menemutunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
·         Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya
·         Mengidentifikasi keragaman  budaya yang terdapat di   Indonesia
·         Menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia  
·         Siswa mampu menunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia dengan tepat
·         Setelah mendengarkan ceramah berpariasi guru siswa mampu mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya dengan baik
·         Siswa mampu mengidentifikasi keragaman budaya yang terdapat di Indonesia dengan benar
·         Siswa mampu mennyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia  dengan benar
1.5  Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia


1.      Jenis-jenis Usaha
2.      Kegiatan Ekonomi di Indonesaia
·         Menyebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam  masyarakat Indonesia
·         Memberi contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok
·         Memberikan contoh cara menghargai kegiatan orang dalam usaha
·         Memberi contoh kegiata produksi, distrbusi, dan konsumsi di Indonesia
·         Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam  masyarakat Indonesia dengan benar
·         Siswa mampu memberi contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok dengan tepat
·         Siswa mampu memberi contoh kegiata produksi, distrbusi, dan konsumsi di Indonesia dengan benar
2
2        Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan  Indonesia
2.1  Mendeskripsikan perjuangan para toKoh pejuang pada pada penjajah Belanda dan Jepang
·         Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia
·         Peranan sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
1.      Penjajahan Belanda di Indonesia
2.      Penjajahan Jepang di Indonesia
·         Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
·         Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat
·         Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
·         Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
·         Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
·         Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional
·         Membuat laporan tentang  tokoh pejuang yang ada di provinsinya
·         Menceritakan peristiwa sumpah pemuda
·         Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
·         Menceritakan peranan tokoh  dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
·         Stelah melakukan diskusi siswa mampu menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nnusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda dengan benar
·         Setelah melakukan diskusi siswa mampu menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang memeberatkan rakyat dengan benar
·         Setelah berdiskusi siswa mampu menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia dengan benar
·         Setelah berdiskusi siswa mampu menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia dengan benar
·         Siswa mampu membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional dengan benar
·         Setelah melakukan diskusi siswa mampu membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di provinsinya dengan baik dan benar
·          
2.2  Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-persiapkan kemerdekaan Indonesia
Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara
1.      Masa Perjuangan
2.      Peran BPUPKIdan PPKI
3.      Perumusan Naskah Proklamasi
4.      Menghargai Jasa Tokoh Pejuang
·         Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
·         Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
·         Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan   kemerdekaan
·         Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh   dalam mempersiapkan kemerdekaan
·         Setelah melakukan studi pustaka secara berkelompok siswa mampu menjelaaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan dengan tepat
·         Setelah melakukan diskusi siswa mampu menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan dengan benar
·         Siswa mampu mengidentifikasi beberapa tokh dalam mempersiapkan kemerdekaan dengan bagus
·         Siswa mamapu menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
2.3  Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-proklamasikan kemerdekaan Indonesia
Proklamasi kemerdekan Indonesia
1.      Makna Proklamasi
2.      Tokoh-tokoh yang Berperan dalam Proklamasi kemerdekaan
·         Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
·         Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokmasikan   kemerdekaan
·         Siswa mampu menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan benar
·         Siswa mampu menceritakan jasa  dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan benar
2.4  Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem-pertahankan kemerdeka-an
Perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
1.      Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan
2.      Konferensi Meja Bundar (KMB)
3.      Menghargai Perjuangan Para Tokoh Kemerdekaan
·         Menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
·         Menunjukkan sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
·         Siswwa mampu menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan dengan benar
·         Setelah melakukan kerjasama siswa mampu mwnunjukkan sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan dengan baik
6
1
1.      Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua
1.1  Mendeskripsikan perkembangan sistem Administrasi wilayah Indonesia
Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
1.      Perkembangan Jumlah Provinsi
2.      Jumlah Provinsi di Era Reformasi
3.      Perkembangan
4.      Wilayah Laut Teritorial Indonesia
5.      Usaha-Usaha Pelestarian Laut Indonesia
6.      Pengertian Otonomi Daerah
7.      Asas Otonomi Daerah
8.      Pertimbangan dalam Pembentukan Wilayah
9.      Keuntungan Pelaksanaan Otonomi Daerah
·       Menjelaskan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
·       Menunjukan perkembangan sistem administrasi wlayah Indonesia dalam Peta/globe
·       Membandingkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga
·       Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa mampu menjelaskan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dengan baik dan benar
·         Setelah mengamati peta/globe siswa mampu menunjukkan perkembangan sistem administrasi wilayanh Indonesia dengan tepat
·         Siswa mampu membandingkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga dengan tepat
1.2  Mmembandingkan ke nampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga

Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
1.     Asia Tenggara
2.     Negara-Negara Tetangga
3.     Gejala Sosial di Indonesia dan Negara Tetangga
4.     Macam-Macam Gejala Sosial
5.     Mewaspadai Gejala Sosial
·       Menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
·       Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
·         Setelah melakukan tanya jawab siswa mampu menunjukkan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga dengan benar
·         Setelah melakukan tanya jawab siswa mampu membandingkan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga dengan benar
1.3  Mengodentifikasi kan benua-beua

Benua-benua
1.      Benua di Permukaan Bumi (Asia, Eropa, Amerika, Afrika, Australia,  Antartika)
2.      Perkembangan Negara-Negara di Benua Eropa
3.      Perkembangan Negara-Negara di Benua Amerika
4.      Perkembangan Negara-Negara di Benua Afrika
5.      Benua Australia
·       Menunjukkan benua-benua
·       Membedakan benua- benua
·         Setelah mengamati atlas/globe siswa mampu menunjukkan benua-bnuadengan benar
·         Setelah berdiskusi siswa mampu membedakan benua-benua
2
2 Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
2.1  Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
Gejala (Peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
1.      Gejala Alam di Indonesia (Gempa Bumi, Gunung Meletus, Tsunami, banjir, tanah longsor, angin)

·         Menunjukkan pada peta letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia
·         Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain
·         Siswa mampu menunjukkan pada pwta lwtak dan nama negara-negara tetangga Indonesia dengan benar
·         Siswa mampu membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain dengan benar
2.2  Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam
Cara-cara menghadapi bencana alam
1.    Cara Menghadapi Bencana Alam (Gempa Bumi, Gunung Meletus, Tsunami, banjir, tanah longsor, angin)
2.    Upaya Pemerintah dan Masyarakat Menolong Korban BencanaAlam
·         Menjelaskan carca-cara menghadapi bencana alam
·         Menjelaskan jenis-jenis bencana alam
·         Setelah berdiskusi siswa mampu menjelaskan` carca-cara menghadapi bencana alam dengan benar
·         Setelah melakukan tanya jawab siswa mampu menjelaskan jenis-jenis bencana alam dengan baik dan benar
Memahami  peranan bangsa Indonesia di era global
2.3  Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia
Peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatif nya terhadap kehidupan bagsa Indonesia
1.    Pengertian Globalisasi
2.    Faktor Pendorong Terciptanya Globalisasi
3.    Bukti-Bukti Globalisasi di Sekitar Kita
4.    Pengaruh Globalisasi
5.    Menghindari Dampak Negatif Globalisasi
6.    Peran Indonesia di Masa Globalisasi
·         Menjelaskan Peranan Indonesia pada era globalisasi
·         Menjelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi)
·         Setelah berdiskusi siswa mampu menjelaskan Peranan Indonesia pada era globalisasi dengan baik dan benar
·         Setelah berdiskusi siswa mampu menjelaskan ontoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi) dengan baik dan benar.
2.4  Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesiasebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
Kegiatan Ekspor Impor
1.    Perdagangan Antarbangsa
2.    Pengertian Perdagangan Antarbangsa
3.    Ekspor Impor
4.    Manfaat Perdagangan Antarbangsa
·         Menemuunjukkan barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia
·         Menjelaskan betuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri
·         Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan Luar negeri
·         Setelah berdiskusi siswa mampu menunjukkan barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia dengan benar
·         Setelah berdiskusi siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri dengan benar
·         Setelah berdiskusi siswa mampu menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan Luar negeri dengan benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar